Cara Menggunakan Canva – Mempelajari aplikasi editing yang satu ini jauh lebih mudah daripada aplikasi profesional lainnya. Jika kamu adalah pemula dan ingin mengetahui tentang cara menggunakan Canva, tulisan ini akan membantu. 

Canva memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan desain atau visual. Mulai dari desain dasar hingga presentasi, kamu bisa membuatnya dengan aplikasi ini. 

Apa saja tools atau fitur dalam Canva yang bisa kamu coba agar pekerjaan jadi lebih mudah? berikut informasinya. 

Cara Menggunakan Canva Lewat Fiturnya

1. Desain Ajaib

Menghadapi kesulitan dalam membayangkan desain yang ideal atau menemukan template yang sesuai? Magic Design memudahkan segalanya. Pengguna pemula bisa menggunakan ini untuk mendapatkan inspirasi. 

Pengguna kini dapat mengunggah gambar, memilih gaya, dan melihatnya menghidupkan dengan berbagai pilihan template yang dapat disesuaikan.

Magic Design secara otomatis memilih font, gambar, dan grafis terbaik untuk mengubah imajinasi pengguna menjadi desain nyata; mulai dari kartu ucapan selamat ulang tahun, hingga cara membuat stempel di Canva. Semua bisa dilakukan kapan saja.

2. Gambar dengan Draw

Cara menggunakan Canva yang kedua adalah memanfaatkan fitur draw. Canva menyediakan tools drawing atau alat untuk menggambar bebas. Kamu bisa menggunakan alat tersebut untuk membuat garis atau bentuk bebas yang dibutuhkan. 

Warna dan ketebalan, juga jenis brush atau pen untuk menggambar bisa diubah sesuai kebutuhan. Jadi kamu bisa lebih bebas bereksperimen pada desain atau gambar yang sedang kamu buat. 

3. Terjemahan dengan Sekali Klik

Menulis “auf wiedersehen” bagi mereka yang tidak berbicara bahasa Jerman pasti memakan waktu. Tidak hanya itu, menerjemahkan setiap kata dalam desain dapat membuat proses desain menjadi membosankan.

Namun, pengguna tidak perlu khawatir lagi karena Canva telah meluncurkan fitur baru, Canva Translate. Dengan fitur ini, pengguna dapat menerjemahkan kata dalam desain ke lebih dari 100 bahasa. Hal ini memudahkan desain untuk mencapai lebih banyak orang di seluruh dunia.

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan teks yang  ingin diubah bahasanya, lalu pilih ingin ditulis dalam bahasa apa. Maka teks akan otomatis berubah sesuai bahasa yang kamu pilih. 

4. Pembersih dan Pengedit Ajaib

Cara menggunakan Canva juga jadi lebih nyaman karena ada alat pembersih ajaib. Mulai sekarang, mengedit foto yang membutuhkan alat canggih yang memerlukan waktu lama untuk dipelajari tidak lagi diperlukan. 

Dengan Magic Eraser, pengguna dapat dengan mudah menghapus elemen yang mengganggu dalam hitungan detik.

Selanjutnya, dengan Magic Edit, pengguna dapat menukar atau menambahkan elemen di dalamnya. Misalnya, menukar bawang merah dengan bawang goreng dalam sebuah gambar bisa dilakukan. 

Cukup pilih lokasi di mana elemen akan ditempatkan, deskripsikan, dan elemen tersebut akan muncul.

5. Sinkronisasi Beat

Canva senang membuat hal yang kompleks menjadi lebih mudah, dan dalam video, musik merupakan aspek yang penting untuk membuat video menjadi lebih menarik.

Bukan hanya memilih lagu untuk video, tetapi juga menggunakannya secara dinamis. Untuk alasan ini, Canva memperkenalkan Beat Sync.

Cukup pilih atau unggah musik yang ingin digunakan, dan dengan sekali klik, Beat Sync akan menyesuaikan video dengan beat dari lagu tersebut; ini memudahkan dan menghemat waktu pengguna dalam membuat video untuk media sosial dan lainnya. 

Fitur lain yang dapat Anda gunakan untuk mendukung aspek audio dalam video meliputi pemotongan MP3, pengeditan video dengan lagu, serta pengeditan audio.

6. Membuat Presentasi Lebih Mudah

Tidak perlu lagi memulai dari kanvas kosong, pengguna dapat langsung membuat draft pertama dalam Canva Presentasi dengan kerangka, halaman, dan konten presentasi yang tersedia. 

Jika kamu bekerja di bidang jasa digital marketing atau yang sejenis. Memiliki presentasi yang menarik dan diperlukan terus menerus, membuatnya dengan Canva akan mempermudah pekerjaan. 

Cukup sampaikan ide dalam beberapa kata kepada Magic Design, dan secara instan, Canva akan membuat presentasi dengan cepat.

Dengan draf pertama yang telah dibuat, pengguna dapat dengan mudah menambahkan dan menyempurnakan desain presentasi. Sungguh menghemat waktu, bukan?

Itulah cara menggunakan Canva berdasarkan fitur yang disediakan. Bagi pemula desain, Canva adalah pilihan terbaik karena sangat mudah dipahami dan digunakan. 

Next mau bahas apalagi ya? nantikan info terbarunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

4 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2024 yang Harus Kamu Tonton

Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2024 – Dunia drama Korea terus menghadirkan karya-karya…

Jenis Teh Untuk Diet Yang Sangat Direkomendasikan

Jenis Teh Untuk Diet – Ada beberapa jenis teh yang dianggap baik…