Fakta Tentang Warna

Fakta Tentang Warna – Warna dapat menjadi sesuatu yang menakjubkan dan rumit. Meskipun hanya berasal dari pantulan objek yang diterima mata, namun pengaruhnya tidak sederhana. 

Warna dapat mengubah suasana hati, menciptakan suasana, bahkan sering kita gunakan untuk berekspresi. Kita menggunakan warna untuk menciptakan rumah yang membuat kita merasa aman dan nyaman. 

Pengaruh warna terhadap kita semua sangat kuat dan selalu menarik, dan ada banyak fakta tentang warna yang akan membuat kita terkejut. Apa saja itu? berikut jawabannya.

10 Fakta Menarik Tentang Warna

Berikut adalah 10 fakta tentang warna yang mungkin belum Anda ketahui!

1. Biru dan ungu adalah Warna favorit

Studi yang dilakukan oleh berbagai perusahaan pemasaran global menunjukkan bahwa biru adalah warna favorit yang paling umum di seluruh dunia, diikuti oleh ungu.

Jadi, jika kamu menyukai warna biru atau ungu, berarti kamu adalah satu dari banyak orang secara global yang menyukai warna ini. 

Dibandingkan warna ungu, biru sangat dimaklumi jika banyak disukai. Warnanya sangat menenangkan. Lalu dengan ungu? di Indonesia warna ini memiliki salah satu makna yang kurang bagus – Janda. 

Namun, dalam hal warna melukis, warna ungu memang indah. Jika kamu tahu cara membuat warna ungu, ungu seperti apa yang akan kamu buat?

2. Warna merah terlihat berbeda

Pria dan wanita melihat warna merah dengan cara yang berbeda. Peneliti di University of Arizona menemukan kemampuan untuk melihat warna merah berasal dari gen yang melekat pada kromosom X. 

Karena wanita memiliki dua kromosom X, dua salinan gen-gen ini membantu wanita mempersepsikan spektrum merah-jingga dengan lebih baik.

3. Warna merah muda memiliki efek “menenangkan”

Warna merah muda telah dikenal dapat menekan kemarahan dan kecemasan serta memiliki efek menenangkan secara keseluruhan. 

Warna ini sering digunakan di institusi perawatan kesehatan mental bahkan di penjara untuk membantu menciptakan rasa tenang. Bahkan obat herbal kewanitaan juga sering dikaitkan dengan warna ini.

4. Beberapa orang memiliki fobia terhadap warna

Kromofobia, atau chromatophobia, adalah ketakutan berkelanjutan dan tidak rasional terhadap warna yang dapat memiliki dampak negatif pada aktivitas sehari-hari seseorang. 

Ketakutan ini sering berasal dari peristiwa traumatis yang terkait dengan warna tertentu. Jika kamu mengalaminya juga, segera lakukan perawatan bersama medis.

Baca Juga: Mau membuat desain? coba cara menggunakan Canva berikut

5. Paduan warna kuning dan merah bisa “membuat lapar”

Fakta tentang warna yang keempat ini berkaitan dengan psikologi. Rantai restoran cepat saji sudah menemukan hal ini bertahun-tahun yang lalu dan menggunakan kombinasi warna ini berulang kali dalam merek, periklanan, dan dekorasi restoran.

Jadi jangan heran jika banyak produk makanan yang menggunakan perpaduan warna ini untuk berbagai keperluan penjualan dan promosi.

6. Warna merah adalah warna pertama yang dilihat bayi

Warna merah memiliki panjang gelombang terpanjang diantara warna-warna lainnya. Dan para ilmuwan berspekulasi bahwa ini membuatnya lebih mudah diproses dalam pengembangan reseptor dan saraf di mata bayi. 

7. Warna memiliki dampak besar

Apakah kamu akan bertemu dengan orang yang kamu sukai saat ini? jangan gunakan pakaian warna netral. Pakailah warna cerah agar mudah diingat. 

62 – 90% kesan pertama didasarkan pada bagaimana seseorang mengenali warna dalam situasi tersebut. Jadi, jika ingin meninggalkan kesan kuat, hindari warna netral. 

8. Warna hitam dan putih cenderung dilupakan

Jika kamu pernah belajar cara membuat warna hitam, pasti merasakan bahwa sulit membuatnya sempurna. Namun, warna ini ternyata sangat mudah dilupakan. Berbalik dengan proses penciptaannya, haha.

Fakta Tentang Warna Hitam

Film atau foto hitam dan putih seringkali tidak se-mudah untuk diingat seperti gambar berwarna. Jadi sesuatu dengan warna ini agak sulit diingat dan mudah dilupakan.

Para ilmuwan percaya bahwa hal ini mungkin karena warna memiliki daya tarik yang lebih kuat terhadap indera. Dan sebagai hasilnya memberikan kesan yang lebih tahan lama pada ingatan.

Namun, dalam hal menunjukkan “kekuasaan” warna hitam sangat bermanfaat. Jika kamu ingin melamar kerja atau minta naik gaji, pakailah baju warna ini!

Di antara 8 fakta tentang warna tersebut, manakah yang sudah kamu ketahui? tinggalkan pengalaman kamu di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cara Menggunakan Canva Bagi Pemula, Pelajari Disini Yuk

Cara Menggunakan Canva – Mempelajari aplikasi editing yang satu ini jauh lebih…

Fakta Terbaru: Han So Hee Dating Dengan Ryu Jun Yeol

Han So Hee Dating – Belakangan ini ramai menjadi perbincangan di media…

Jenis-jenis Bawang Dan Cara Penggunaannya

Jenis-jenis Bawang – Ada banyak hidangan yang membubuhkan bawang di dalam setiap…